Monthly Archives: November 2015


ruang-kantor-meja-membelakangi-pintu-300x216


5 Tips Feng Shui Ruang Kantor
posted on 07 Dec 2015

Feng Shui sangat penting diperhatikan atau diterapkan di tempat kerja (dalam hal ini kantor), selain rumah tinggal juga.

Berbagai macam ragam bentuk arsitektur kantor, dari mulai gedung inti (bangunan satu atau dua lantai) hingga bangunan berlantai tinggi (high rise). Dalam menata interior kantornya harus dilakukan serupa perhitungannya.

Artikel ini dikhususkan membahas ruangan pimpinan, termasuk CEO, Direktur, Manager, dan Komisaris.

Letak arah sandaran kursi
Semua individu memiliki angka kua. Untuk laki-laki, rumusnya 2 digit terakhir tahun kelahiran – 10, sedangkan untuk wanitanya, rumus yang berlaku 5 + 2 digit terakhir tahun kelahiran.

Kua terbagi dalam dua kelompok, yaitu Kua Timur (1,3,4, dan 9) dengan arah baik Utara, Selatan, Timur, Tenggara; dan Kua Barat (2,5,6,7, dan 8) dengan arah Baik Barat, Barat Laut, Barat Daya, dan Timur Laut.

Ditegaskan pula, yang dimaksud dengan arah baik disini adalah arah hadapnya sandaran duduk, bukan arah hadap duduknya.

Letak atau Posisi Meja Kerja
Setelah mendapat arah yang baik, tips selanjutnya adalah pengaturan posisi meja kerja. Aturan Feng Shui mengatakan posisi meja untuk duduk diusahakan sejauh mungkin dari pintu masuk.

Untuk hal ini individu diharuskan sedapat mungkin posisi duduknya menghadap ke arah pintu masuk, supaya mengetahui siapa yang masuk dan keluar dari meja kerjanya. Asalkan posisi meja kerjanya tidak menghadap lurus (langsung) berhadapan dengan pintu masuk. Posisi seperti ini sebaiknya dihindarkan.

Hal terburuk yang mungkin adalah posisi meja kerja membelakangi pintu masuk kantor. Untuk menyiasatinya, letakkan cermin pada posisi dinding, dimana pimpinan bisa melihat orang keluar masuk melalui cermin tersebut.

Bentuk Meja Kerja
Meja yang baik adalah bentuknya empat persegi panjang. Bila menginginkan bentuk meja bulat atau oval, diusahakan meja tersebut melengkung `melindungi` pemilik meja. Kekurangannya, bentuk meja seperti ini kurang baik untuk menerima tamu yang datang dan duduk dihadapannya. Oleh sebab itu, siapkanlah meja dan kursi khusus untuk menerima tamu.

Ruang Kantor dengan Nuansa Hijau

Peranan warna terhadap interior memegang peranan cukup penting. Warna ruangan baiknya diperhitungkan sesuai BA Zi yang bersangkutan. Apabila satu individu memerlukan elemen yang hangat (kayu dan api), maka warnanya harus menyesuaikan, yakni kehijauaan dan kemerahaan.

Seandainya Ba Zi yang bersangkutan ingin lebih dingin, bisa menggunakan elem yang bernuansa dingin (logam dan air)

Lukisan dan Dekorasi Ruangan
Masukan kedalam ruang kantor unsur dekoratif seperti lukisan, water feature, walpaper, ukiran, dan benda seni lainnya. Karena masing-masing unsur dekoratif memiliki makna dan tujuan.

Sandaran meja kerja pemimpin perusahaan yang diletakkan lukisan gunung pada dindingnya, filosofinya adalah bisa dijadikan sandaran dan memberikan kemantapan usaha. Sementara dibelakang kursi Direktur posisi yang baik diletakkan lukisan tembok besar China melambangkan simbol sandaran yang kuat bagi perusahaan.