Daily Archives:



Sejarah Furniture
posted on 23 Apr 2014

Artikel yang kami kutip dari Wikipedia menuliskan bahwa Mebel atau Furiture merupakan perlengkapan atau barang seperti kursi, meja, lemari dsb. Sedangkan arti kata MEBEL berasala dari kata MOVABLE, yang artinya bergerak. Zaman dahulu kala meja kursi dan lemari relatif mudah digerakkan dari batu besar, tembok, dan atap. Sedangkan arti kata FURNITURE berasal dari bahasa Perancis FOURNITURE (1520-1530 Masehi). FOURNITURE mengandung arti kata FOURNIR yang berarti Furnish atau Perabot (alat-alat) rumah atau ruangan. Meskipun Mebel dan Furniture punya arti yang berbeda, tetapi maksud dan tujuannya sama yaitu Meja, Kursi, Lemari dan lain sebagainya.

Arti yang lebih luas Mebel atau Furniture adalah semua benda disekitar kita baik yang di rumah atau lainnya dan digunakan oleh penghuninya untuk duduk, berbaring, maupun menyimpan benda kecil seperti pakaian dan cangkir. Mebel berbahan dasar kayu, papan, kulit, sekrup dll.

Makna mendasar dari Mebel bukan hanya kenyamanan dan kerapian tapi memang ada sebagian mebel seperti kursi yang berfungsi hanya untuk duduk tapi bisa juga diartikan sebagai kekuasaan (yang direbutkan oleh sebagian orang). Makna Mebel untuk zaman sekarang dapat juga mencerminkan status sosial dimana Seseorang belum disebut kaya raya jika dia tidak memperlihatkannya dalam bentuk Mebel yang mewah. Kebanyakan Mebel mewah itu adalah Mebel yang bernuansa klasik. Mebel dengan desain minimalis juga bisa dikategorikan mewah jika bahan yang digunakan berharga mahal, contohnya bahan dari kayu jati berdiameter besar dan berukuran besar. Tanpa harus disebutkan secara gamblang, kursi tersebut sudah menggambarkan bahwa pemilik Mebel ini adalah orang kaya.

Untuk orang yang masuk kategori Sederhana, Lemari murah mungkin bisa jadi solusi dimana anda dapat memiliki berbagai macam Furniture seperti kamar tidur set, lemari pakaian, lemari display, lemari buku, rak sepatu dan masih banyak yang lainnya. Tersedia juga mebel costum dimana anda dapat memilih dan menentukan sendiri model, ukuran, bahan dan warna yang sesuai dengan tempat tinggal anda.

Fungsi
Fungsi Mebel akan sangat terasa jika ditempat dimana kita berada misalnya rumah, tidak terdapat barang2 tersebut. Untuk duduk kita membutuhkan kursi, jika tidak ada kita terpaksa duduk berselonjor (lesehan). Ingin tidur tidak ada Tempat tidur, terpaksa hanya tergelatak dilantai, Tanpa meja kita hanya dapat membuka Laptop di lantai, Tanpa lemari pakaian tergeletak dilantai bahkan digantungkan di sembarang tempat. Untuk itu dengan fungsi dan kegunaan Mebel dapat membantu kehidupan kita, rumah jadi terasa nyaman untuk beristirahat, bekerja, beraktifitas dll. Rumah jadi terlihat lebih rapi dan tertata.
Itu sebabnya banyak Furniture atau Mebel yang sudah sangat tua (klasik) dan masih bertahan hingga sekarang. Mebel tertua yang pernah ada sampai saat ini adalah Mebel pada situs di Oarkney peninggalan zaman neolitic sekitar tahun 3100–2500 SM (Sebelum Masehi).

Sejarah mebel di Barat
Sejarah Mebel bisa kita lihat dari Artefak atau barang peninggalan prasejarah yang dapat kita lihat dari gambar-gambar peninggalan kuno. Bila dirunutkan menurut zamannya sejarah Mebel dimulai pada zaman Neolitikum, klasik, Eropa modern awal, Neoklasik abad 19, Amerika utara awal, Modern, Zaman Hijau, Kontemporer.

Mebel zaman Neolitikum
Peninggalan zaman Neolitikum 3100-2500 SM ada di sebuah desa di Skara Brae, Orkney, Scotlandia Utara berupa subuah situs rumah kuno. Tetapi ada yang menarik yaitu dirumah batu terdapat perlengkapan yang cukup lengkap, seperti lemari pakaian, tempat tidur, lemari tundan, tempat duduk dari batu, dan wadah kerang. Lemari pakaian menjadi Mebel yang paling penting pada saat itu. Hal ini dapat dilihat dari posisinya yang terletak di dekat pintu masuk. Ada juga pahatan bulat yang terbuat dari batu pada lemari ini.

Mebel zaman klasik
Furnitur awal ditemukan pada abad ke-8 SM di Phrigian, Bukit Midas, di Gordion, Turki. Potongan ditemukan di sini termasuk meja dan tatahan yang berdiri. Ada juga peninggalan yang masih bertahan dari Siriah abad 9-8 Sebelum Masehi dari istana Nimrud.

sejarah furniture
Tiruan Klismos (Harvard 1972.45)-2

Karpet paling awal yang kini ditemukan adalah Karpet Pazyryk. Karpet ini ditemukan di sebuah makam beku di Siberia dan kira-kira peninggalan dari abad 6 SM, dan 3.

sejarah furniture1

Pazyryk carpet
Furnitur Mesir Kuno juga ditemukan kembali. Kira-kira peninggalan dari milenium 3 SM berupa tempat tidur di Tarkhan. Ditemukan pula tempat tidur dan kursi berlapis emas dari makam Ratu Hetepheres, dan banyak contoh (kotak, tempat tidur, kursi).

sejarah furniture2

Kursi Klismos di Vas zaman Yunani
Desain furnitur yang sudah maju ditemukan di Yunani Kuno di milenium 2 Sebelum Masehi, termasuk tempat tidur dan kursi klismos. Desain mebel juga juga terlihat pada gambar vas Yunani.
Pada tahun 1738 dan 1748, terdapat program penggalian Herculaneum dan Pompeii. Lantas ditemukan furnitur Romawi. Letusan Vesuvius 79 AD ikut membantu pengawetan furniture ini.

Sejarah mebel di Asia
Mebel di Asia agak berbeda dengan mebel Barat. Mebel Asia mengembangkan gayanya tersendiri, walaupun kadang dipengaruhi oleh Barat karena interaksi warga Asia dengan warga Barat melalui kolonialisme, pendidikan dan informasi. Mebel Asia dengan gayanya sendiri, lahir dari Indonesia (terutama Jepara, Bali), China, Jepang, Pakistan, India, Burma, Korea, Monggolia.
Indonesia mempunyai gaya mebel yang unik dengan aneka ragam hias ukir yang beragam. Ornamen yang beraneka. Pusat mebel ukir di Indonesia adalah Jepara. Pada tahun 2004, Kabupaten Jepara memiliki 3.539 unit produksi usaha mebel yang terdaftar di Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Penanaman Modal. Usaha skala kecil yang belum terdaftar diperkirakan 15.000 unit usaha. Keseluruhannya menyerap kira-kira 85.000 tenaga kerja.